Loading...

Komisi VII DPR RI Lakukan Kunjungan Kerja ke SBRC IPB University dalam rangka Penyusunan RUU EBT

Kamis (04/02/2021), Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi (SBRC) LPPM IPB dalam rangka penyusunan Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Terbarukan (RUU EBT). Agenda kunjungan ini berupa focus group discussion (FGD) dalam menjaring masukan terkait kebijakan energi baru dan terbarukan di Indonesia guna memperkaya dan memperkuat substansi RUU EBT tersebut.

Rektor IPB University, Arif Satria menyampaikan dalam sabutannya bahwa science based police sangat penting dalam penyusunan RUU EBT agar dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

Sementara itu, Ketua tim kunjungan kerja legislasi Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno mengatakan bahwa hingga saat ini bauran EBT baru mencapai 11% di tahun 2020 sementara pemerintah menargetkan bauran EBT ditahun 2025 sebesar 23%. Oleh karena itu, menurutnya perlu payung hukum guna mewujudkan target tersebut.

Pada kesempatan tersebut turut hadir pula para anggota Komisi VII DPR RI seperti Alex Noerdin, Adian Yunus Yusak Napitupulu, Ribka Tjiptaning, Tifatul Sembiring, Andi Yuliani Paris, Dyah Roro Esti Widya Putri, Kardaya Warnika, Arkanata Akram, dan Mulyanto. Selain itu, sejumlah pejabat dan pakar/peneliti di bidang EBT yaitu Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr dan Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno, masing-masing adalah kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan wakil Kepala LPPM bidang Penelitian. Selain itu, Dr. Ir. Meika Syahbana Rusli, MSc,Agr (kepala Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi atau SBRC), Dr. Edy Hartulistuyoso (kepala Divisi Energi Terbarukan Departemen Teknik Mesin dan Biosistem), Prof. Dr. Erliza Hambali, Dr. Dwi Setyaningsih, dan Dr. Obie Farobie yang merupakan peneliti di SBRC. Hadir juga Purwadi Soeprihanto selaku direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) dan Dadan Kusdiana selaku Dirjen EBTKE.

Tidak hanya diskusi, Tim Legislasi Komisi VII DPR RI juga melakukan kunjungan ke Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC) IPB University untuk meninjau sarana dan hasil-hasil riset yang telah dilakukan yang terkait dengan bioenergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This field is required.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*This field is required.